Selasa, 01 Desember 2015

KATARSIS

Hallo hallo.... selamat datang di posting pertama saya, hihihi :D Yap, ini adalah blog pertama saya, jadi, mohon maaf kiranya yaa jika ada kata kata yang belibet atau acakadul :p Harapannya, yaa selain sebagai tempat katarsis semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan menambah teman dikalangan blogger. 

Hmm, ngomong-ngomong soal katarsis, Ada yang tahu kah apa arti kata "Katarsis"?? Pasti untuk kamu kamu mahasiswa Psikologi atau pernah belajar ilmu psikologi, kata "Katarsis" sudah tidak asing lagi. Yap, istilah katarsis memang sering digunakan oleh mereka yang berkecimpung di dunia psikologi. 

Katarsis sendiri berasal dari bahasa yunani yang berarti pembersihan (Purging). Meskipun belum disebut katharsis, Seorang filsuf Yunani yaitu Aristoteles telah menggunakan konsep katharsis dalam karyanya untuk menyampaikan emosi akan tragedy kepada audience-nya. Teori Katharsis pertama kali diperkenalkan pada kisaran awal tahun 1960 dalam tulisan berjudul The stimulating versus cathartic effect of a vicarious aggressive activity yang dipublikasikan dalam journal of abnormal social psychology. Konsep teori ini berdiri diatas psikoanalisa Sigmund freud, yaitu emosi yang tertahan dan bisa menyebabkan ledakan emosi berlebihan, maka dari itu diperlukan sebuah penyaluran atas emosi yang tertahan tersebut. Penyaluran emosi yang konstruktif ini disebut dengan katarsis. 

Masih bingung?? hehe, Mari kita sederhanakan kata-katanya. Jadi, Katarsis itu adalah pelepasan emosi negative yang tertekan dalam diri individu. Contohnya, Kalian pasti pernah mengalami sakit hati bukan? Sakit hati kepada seseorang atau mungkin keadaan yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Lalu, untuk melepas kesakitan tersebut kalian berteriak, menangis, atau bahkan menyanyi. Itulah yang dinamakan katarsis. Walaupun contoh tersebut sangat sederhana, karena sebenarnya banyak media-media katarsis yang lebih bermanfaat dari itu semua. Yuk kita bahas beberapa contoh katarsis yang bisa di kategorikan bermanfaat: 

1. Menulis 

Siapa yang punya buku "diary"?? Masih rutin menulis buku diary? hehe. Untuk kamu kamu yang masih rutin menulis buku diary, jangan pernah malu yaaaa karena ternyata menulis buku diary itu menyehatkan mental kita loh. Semua yang terjadi dalam diri kita, baik unek unek, kesenangan atau kesedihan bisa kita curahkan semua dibuku diary tersebut. Atau kalian bisa menulis puisi, syair lagu dsb. Itu merupakan salah satu dari terapi katarsis. 

Bahkan sekarang ini, dengan semakin berkembangnya zaman, Diary yang bersifat digital juga sudah semakin banyak, contohnya adalah situs Blog atau medsos, kalian bisa menuangkan tulisan, bercerita, atau karya karya kalian di situs blog atau medsos yg kalian punya. Tapi guys...jangan sampai kebablasan yaaa, walaupun kita menjadikannya sebagai media katarsis, blog dan medsos adalah media sosial yang bisa dilihat orang banyak, jadi, kalian pun harus bertanggung jawab dalam menggunakannya. So, jangan lebay :) Cukup lebay di buku diary kita saja atau akun yang hanya kita saja yang bisa mengaksesnya :D 

 2. Menyany

Siapa yang suka menyanyi?? atau pernah karaoke bersama teman-teman?? Kalau iya, pasti diantara kalian pernah memilih lagu-lagu kenangan atau lagu lagu yang sesuai dengan mood kalian dan menyanyikannya dari hati atau menggebu gebu ditempat karaoke, Pasti kan??? atau mungkin sambil terisak tangis hehehe. Yap, semua orang pasti pernah melakukannya. Dan guys....jangan pernah malu atau enggan melakukannya yaa, karena hal itu merupakan salah satu metode katarsis loh. Pasti setelah kalian melakukannya ada sedikit kelegaan dihati bukan??hehe. Selamat mencoba :D 

 3. Olahraga atau melakukan hobi yg lain 

Olahraga merupakan salah satu cara yang sangat baik dalam menyalurkan emosi negative kita. Karena selain hati menjadi lega badan pun menjadi sehat, hehe :D Walaupun memang aktivitas seperti ini cenderung dilakukan oleh pria, tapi sekarang wanita juga sudah mulai banyak melakukan kegiatan ini. Melakukan hobi lain juga bisa menjadi media katarsis loh. Seperti travelling, merakit kendaraan, bermain bola, merangkai bunga, shoppping atau yang lainnya. Eitss...tapi shoppingnya jangan sampai berlebihan yaa,jangan sampai habis katarsis malah jadi kelimpungan :D

 4. Ibadah 

Cara termurah dan terampuh adalah kembali kepada Sang Pencipta, Maha Pemberi Kekuatan dan ketentraman dalam hati. Pernahkah kalian ketika sedang gundah, hati terasa sesak, dan rasa marah menyelimuti diri lalu kalian sholat (bagi yang muslim) dan setelah itu tertunduk, menangis, mencurahkan semua kegundahan ke Sang Pencipta? yaaa, itu adalah metode Katarsis terampuh yang pernah ada. Karena pada hakikatnya, manusia adalah makhluk yang lemah dihadapan sang pencipta. Dia lah yang memberikan kekuatan kepada kita. Dan yang akan memberikan jawaban jawaban atas semua doa yg kita pinta. So, jika kalian ada masalah jangan sungkan sungkan untuk mendekatiNya. Tapi, jangan cuma ketika ada masalah aja ya guys. Ketika kita sedang senang pun, rasa syukur kita harus kita tetap panjatkan kepada Nya :) 

Yappp, itu adalah beberapa metode katarsis ala ala saya yang mungkin kita lakukan jika diri ini dirundung duka, hehe. Tapi pada kenyataannya semua metode ini tidak akan bisa berhasil jika dalam diri kita tidak mau bangkit atau move on dari masalah tersebut. Karena yang bisa menolong diri kita dari keterpurukan adalah yaaa diri kita sendiri. hihihi :D Baiklah, Terimakasih atas kunjungan dan waktunya membaca postingan saya yang sangat amat kurang sempurna ini. Jika ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaafkeun yaaa. Sampai berjumpa di postingan selanjutnya ;D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar